Bedah skripsi
أثر قاعدة تصرف الإمام على الرعية منوط
بالمصلحة
Hari : Jumat
Tanggal : 20 juli 2018
Tempat : Mushola atas sakan Dakhilie
Pembicara : Ricky Faishol B.Sc
Beberapa Poin acara bedah Skripsi :
Undang-undang
pancasila berdasarkan analisis Al-Quran.
1. الإله الواحد diambil dari وإلهكم
إله واحد
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Konsep
ini berasal dari ayat: إن الله يأمر بالعدل
والإحسان dan juga sudah
diterapkan oleh Rasulullah SAW. di dalam banyak hadisnya, seperti undang-undang
IT. yang tidak memperkenankan mencemarkan nama baik. ولا
تجسسوا ولا تنابزوا أي ولا تبحثوا عن
عورات المسلمين (syekh Wahbah.)
Syarat imam
yang ke delapan yakni: أن يكون قريشا (harus dari golongan
Quraisy) ini hanya berlaku pada masa Sayyidina Abu Bakar dan Umar. Kata sebagian
ulama.
Apakah
pemerintahan Indonesia sudah sesuai dengan katagori persayaratan pemimpin dalam
pengamatan Syariah?
Bukan من حيث الشروط tidak ada yang bisa memenuhi syarat tujuh
tersebut dari sisi kinerja. Sebagaimana yang disebutakan oleh al-Imam Mawardi.
Diperkuat oleh Syekh Wahbah Az-Zuhaili. Yaitu Menjaga keamanan dan peraturan
umum yang ada di negara tersebut.
Ada tiga
undang-undang yang masuk pada sisi kinerja tersebut. Kita membela negara dan
pimpinan negara menjadi pengawas langsung para mentri-mentrinya, begitupula
keadilan umum. الإدارة العامة وتعيين الموظفين
Seorang
pemimpin berhak mendapatkan dua hak dari masyarakat: pertama hak ketaatan dari
masarakat. Presiden memegang perundang-undangan selain yang berhubungan dengan
kemaksiatan, yang memberi manfaat kepada mayoritas muslimin.
Dua : hak
bantuan/pertolongan dari masarakat. Syekh Wahbah az-Zuhaili menyampaikan Ada
pertolongan dengan ucapan dan nasehat sebagaimana hadis : الدين النصيحة قلنا لمن؟ قال : لله ولرسوله ولأئمة المسلمين
Apakah hak
menolong itu bisa dikategorikan dengan demo, sebagai aspirasi masarakat?
Ulama
kontemporer ada dua pendapat meenegenai masalah ini, ada yang mengharamkan dan
yang memerbolehkan, yang mengharamkan adalah ulama Saudi berdasarkan: من تشبه بقوم فهو منهم dan من أحدث في أمرنا
هذا ما ليس منه فهو رد
Yang
memporbelehkan adalah Yusuf Qardhawi, tapi mengharuskan beberapa syarat:
Ada 4
syarat. Yang beliau sampaikan.
Amar makruf
nahi munkar bisa melalui politik. Seorang imam bisa mengimplementasikan hal itu
dengan menghilangkan kebodohan dan mendirikan sekolah-sekola dan melakukan
Penyempurnaan.
Kafir Harbi
indo ada 4:
Harbi,
Dzimmah at-Ta’min Imam, Murtad dan Musyrik.
Dhobithnya
harbi bila mayoritas kuffar menguasai mayoritas suatu daerah.
Apakah
Indonesia masuk Negara Islam?
Iya,
sebagaiman pernyataan Habib Abdurrahman al-Masyhur di kitabnya Bughyah
Mustarsyidin, melihat Indonesia ditaklukkan oleh orang-orang islam, begitupula
Imam As-Subki dalam Fatawanya dan Syekh Ismail Zain dalam fatawanya bahwa suatu
daerah yang mayoritas penduduknya adalah umat islam termasuk darul Islam.
Untuk saat
ini Non Muslimnya masuk dalam Dzimmah at-Ta’min Imam, karena tidak ada yang
membayar jizyah.
Bagaimana
maksud dari nushrah?
Diterangkan di al-Wajiz fi Fiqih Khilafah. Nushroh di sini
adalah nasehat dan bisa diimplementasikan dengan melalui MUI dan orang-orang
yang memiliki otoritas di pemerintahan. kita mengadakan konsulidasi bersama
mereka. Lalu mediasi, tapi tidak dengan kekerasan.
Yang kedua
menolong imam, membela negara dan melaksanakan program kerja yang dirancang
oleh pemrintah.
Adakah
solusi yang menengahi/selain demo?
Penyebab
demo ada karena motif ketidakpuasan apa yang dilakukan oleh pemerintah. Kita
harus menempuh mediasi duduk bersama terlebih dahulu. Munculnya demo karna
mediasi yang tidak membuahkan hasil
Bagaimana
posisi ulama untuk Tahkik Murodillah?
Jangan
sekali-kali penguasa berada di atas ulama, tapi ulama di atas umara’
Thatbiq
syariah Islamiyah itu bagaimana?
Bagaimana
menaggulangi islamophobia, seakan2 menjadi penghalang terbesar untuk tahtbiq
dan taqnin syariah islamiyah.?
Kita harus
terus menyebarkan syariat islam dengan seminar-seminar dan artikel-artikel internet.
Menanggulangi liberalism dan pluralism.
Menempatkan sdm yang memahami syariat islam
dengan benar kita tempatkan di pemerintahan, dan mendukung perda islam yag ada
di Indonesia. Di dalam bukunya strategi penerapan syariat islma di
Indonesia Dr. Jj Zainuddin mengatakan
kalau 80% syariat islam sudah diterapkan
di Indonesia meskipun tidak persis seperti di dalam fiqih tapi secara
substansial sama. Ini menunjukkan kalau sebetulnya kita bisa menerapkan
undang-undang syariah islam di Indonesia. Menerapkan syariah islam bukan
berarti menrjang pancasila.
Maksud dari أفضل جهاد كلمة حق عند سلطان جائر apakah mediasi itu secara
mutlak tidak diterima?
Dalil yang
kita pakai adalah:
ولتكن منكم dan كنتم خير أمة
أخرجت للناس tidak menggunakan dalil yang di atas. Karena tidak nyata
terlihat sisi kefasikan imam.
0 Komentar